Oleh-oleh Lebaran : Berkunjung ke Candi Sukuh

Candi-candi pada umumnya merupakan peninggalan jaman Hindu-Buhda dimana candi merupakan tempat peribadatan sehingga dianggap suci dan sacral. Candi Sukuh merupakan salah satu situs sejarah yang terdapat di Desa Sukuh Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Dalam candi terdapat wangsalan “gajah wiku anahut buntut” yang menunjukkan bahwa candi Sukuh dibuat pada tahun 1378 saka atau 1456 m. Di Candi Sukuh terdapat tiga teras yang menggambarkan /melambangkan pada suatu tahapan kehidupan yang diakhiri pada satu titik akhir yaitu surga (puncak candi). 

Di pintu gerbang ini terdapat suatu gambar relief alat kelamin laki-laki dan perempuan, dan anehnya relief ini ada di bagian lantai pintu masuk candi, konon menurut cerita digunakan sebagai tester/alat uji keprawanan mada masa itu dengan cara melewati pintu ini, dan apabila seorang wanita terjadi sobek pada kain yang dikenakanya, maka indikasinya adalah sudah tidak perawan lagi. Untuk jaman sekarang bisa digunakan atau tidak ….. Allahualam, karena pada jaman sekarang para cewek tidak lagi mengenakan kain, namun pakai celana/kulot, apalagi banyak ditemui model jeans/celana / kulot dengan model sudah ada yang pakai sobek-sobek yaaa gak bisa sebagai tester ya… namun disisi lain secara psikologis pasti juga gak berani jika memang sudah benar-benar tidak perawan.

Tapi untung di pintu utama sudah ditutup artinya setiap pengunjung sudah tidak bisa melewatinya jadi untuk perawan yang sudah tidak perawan bisa bernapas lega (amaaan), karena bisa masuk lewat sebelah kanan pintu masuk.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s